LETANGMEDIA

Mahasiswa KKN FKIP UKI Membuat Contoh Sarana CTPS untuk masyarakatKelurahan Nantal




MEDIAFELIKSPEDIA.COM- Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Inonesia (UKI) Santu Paulus Ruteng yang dibimbing oleh Emilianus Jehadus, S.S.,M.Pd memberikan contoh cara membuat sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS) untuk  masyarakat keluarahan Nantal, Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat.




Hal itu disampaiikan oleh Fermilia Suryati Irman,Ketua kelompok mahasiswa KKN di kelurahan Nantal dalam  pers rilis yang diterima oleh MEDIAFELIKSPEDIA.COM, kamis, (15/8/2019)




Maria Vigivena, salah satu anggota yang ber-KKN di kelurahan Nantal  dalam dalam  pers rilis  tersebut mengatakan bahwa dalam rangka menyukseskan sebuah program dari pemerintah dalam bidang kebersihan dan kesehatan  yang disebut  program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), mahasiswa-mahasiswi KKN berinisiatif membuat sebuah sarana sederhana dengan biaya yang sangat sedikit tetapi dapat bermanfaat besar bagi masyarakat kelurahan Nantal yaitu dengan membuat CPTS. Selaian  membuat CPTS, kami juga  mensosialisasikan manfaat dan cara penggunaan sarana tersebut di semua RT yang berada di Kelurahan Nantal.







Model Sarana CPTS (Foto Mahasiswa KKN)




 CPTS dapat dibuat dengan menggunakan sebuah cergen bekas yang terdapat di rumah-rumah masyarakat Kelurahan Nantal dan menggunakan sebuah kran air.  Walaupun kelihatanya sangat mudah, namun awalnya  kelompok mahasiswa KKN merasa tertantang sekaligus bingung cara membuatnya, bekat tekat yang kuat,  kerja keras dan kerja sama tim, akhirnya program tersebut dapat dilaksanakan dan selesia sesuai waktu  yang ditentukan. Sementara tempat yang tepat untuk meletakan sarana CTPS tersebut yaitu di tempat yang mudah dijangkau atau di tempat yang sesuai dengan manfaat, kebutuhan, dan peruntukkannya. Demikian kata Femi, selaku Ketua kelompok mahasiswa KKN di Kelurahan Nantal.








Lebih lanjut Femi
mengatakan bahwa pembuatan saran CPTS tersebut sebagai salah satu kegiatan
mahasiswa KKN di kelurahan Nantal untuk mendukung dan menyukeseskan  Program
Permerintah Kabupaten Manggarai Barat yakni Sanitasi Total Berbasis Masyarakat
(STBM) yang sudah diprogramkan sejak 2 tahun lalu




Program
pembuatan sarana CPTS dan sosisialisasi di semua RT dikeluaran Nantal  dimulai sejak tanggal 2 sampai dengan 10 Agustus
2019 tersebut disambut baik oleh masyarakat keluruhan Nantal.  Lanjut Maria Vigivena.




“Sarana CPTS
adalah hal baru yang kami dapat saat ini, karena sebelumnya kami tidak pernah
membuat sarana CPTS tersebut. Sehingga kami sangat bangga dengan adanya sarana
CPTS sebagai salah satu hasil dari Program KKN adik-adik mahasiswa, sementara
program STBM kami sudah dengar sejak 2 tahun yang lalu”. Kata Bapak Sius Selaku
Ketua RT 04.



Mahasiswa KKN FKIP UKI Membuat Contoh Sarana CTPS untuk masyarakatKelurahan Nantal Mahasiswa KKN FKIP UKI Membuat Contoh Sarana CTPS untuk masyarakatKelurahan Nantal Reviewed by www.surya.com on Agustus 15, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

VIEW

Diberdayakan oleh Blogger.